Tuesday, October 2, 2007

Ramadhan di Serambi Makkah


Duer.. duer.. duer.. mungkin itu suara kontak senjata waktu ramadhan di serambi mekkah beberapa tahun yang lalu sebelum tsunami menggulung bumi, sebelum damai terwujud, sebelum semua mata melihat Aceh.

Duer.. duer.. duer.. sekarangpun ternyata masih terdengar, tapi yang ini lain.. ini suara petasan yang disulut anak-anak muda Aceh.

Gila juga nih..!!! apa mereka gak trauma dengan suara-suara "mirip pistol/senapan" itu..?? atau justru mereka kangen dengan suara-suara itu...!!!

Loh, akukan gak mau bahas itu..?? yah, pengin mbahas suasana ramadhan aja di serambi makkah ini.. kebetulan nih sedang ada di Aceh mencari rezeki-Nya. mungkin memang rezeki untukku digariskan saat ini ada di Aceh, mungkin waktu yang lain akan ada di tempat lain.. semoga rezeki-Nya selalu terlimpahkan kepada kita semua..!!! loh kok malah mbahas ini..??

Di aceh ni, puasa mungkin suasana yang ditunggu-tunggu, yah bener aja kan ini satu-satunya Provinsi di Indonesia yang menganut Ajaran Islam dan Hukum Islam secara legal formal. Begini ni ya.. di Aceh tu kalo ramadhan :

1. Ada namanya meugang, ini tradisi yang dilaksanakan tiga hari sebelum puasa dan sebelum lebaran..!! sering dilaksanakan dengan makan bersama, mandi bersama.. eh maksudnya mandi bersih (kalau di jawa padusan), trus ziarah makam, dll. Lha kalau untuk urusan makan bersama yang banyak diserbu tu daging kambing ma sapi.. jadi kalau pas meugang harganya bisa selangit..!! kemarin aja harga sekilo daging sapi sampe Rp. 100.000,- (perbandingan di jawa cuman 30.000)

2. Trus warung2 pada tutup semua...!!!! semua menghormati bulan puasa, gak ada warung buka.. bukan hanya warung makan, tapi semua jenis warung..!!! ha..ha.. trus bukanya ntar kalo 1 jam sebelum maghrib. Gitu

3. Gak ada orang makan atau minum atau ngrokok seenaknya di tempat umum, gak kayak di tempat lain, di terminal juga sama aja..!! gak ada sopir ngrokok, kernet ngrokok atau siapapun..!! pokoknya gak ada..!! ya gak tau sih, mereka puasa atau gak, tapi setidaknya rasa untuk menghormati bulan ramadhan ini masih bisa dirasakan.

4. Orang Aceh gandrung ngopi, makanya hampir warung kopi tu bertebaran di seantero banda Aceh, lha.. kalau pas puasa ya pada tutup semua, mereka buka menjelang maghrib dan tutupnya... waktu abis sahur..!!! gila nggak..??? tapi ternyata malem hari itu, penuh orang.. kayak siang aja ya..?? mungkin siangnya mereka tidur kaleeee.. he..

5. Kalo taraweh, tadarus, buka puasa, dll sama sih.. ya memang meriah..!!

6. Gak tau lagi apa ya..?? ya ini kan Cuma setauku aja sih..

He.. maaf kalo gak mutu, ngisi waktu luang di kantor sambil nulis blog yang gak mutu..!! lagian aku di Aceh juga baru jalan 8 bulan, bentar lagi melahirkan dunk..??? qeqeqeqe..
Trus pengalaman ramadhan juga baru tahun ini aja.. so masih sangat terbatas bukan..?? halah..!!

Semoga tidak bermanfaat,,!!! Loh..???

Banda Aceh, 1 Oktober 2007