Monday, July 23, 2012

Jokowi Unggul Dibanding Foke

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membandingkan tingkat popularitas (proxy untuk tingkat elektabilitas) calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta kali ini. Google trends menyediakan tool yang bisa mengecek perbandingan tingkat popularitas tokoh dalam pemberitaan media-media yang terhubung dengan internet. Karena saat ini semua media pemberitaan terhubung dengan internet, maka cara ini sebenarnya lebih murah dan akurat ketimbang menyewa lembaga survey yang harganya bisa milyaran rupiah dan anda tahu sendiri mereka kadang tidak obyektif dengan hasil yang sebenarnya :)

Saya pernah memakai google trends ini untuk mencari perbandingan tingkat popularitas Barrack Obama ketika dinominasikan menjadi Presiden AS pada tahun 2008 dan hasilnya memang akurat. Barrack Obama jauh melampaui saingannya waktu itu Hillary Clinton dalam Primary Election Partai Demokrat.

Berikut gambaran perbandingan tingkat popularitas (trends) dari pasangan Jokowi – Ahok dan Foke Nara dalam PilGub DKI Jakarta 2012. Dengan beberapa pilihan kata dalam pencarian, pasangan Jokowi - Ahok tetap unggul dibanding Foke-Nara.