Friday, May 31, 2013

Agenda Pembangunan Pasca-2015


Suasana Pertemuan Ke-4 HLPEP on Post-2015 di Bali
Agenda Pembangunan Milenium, atau Millennium Developmen Goals akan selesai pada tahun 2015 atau tinggal 2 tahun lagi. Beberapa bulan terakhir ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB/UN) disibukkan dengan penyusunan agenda pembangunan dunia setelah MDGs (Post-2015 Development Agenda). Saya ingin share hasil akhir dari beberapa kali pertemuan HLP (High Level Panel) yang dipimpin oleh 3 ketua bersama (Co-Chairs) yakni Presiden SBY, Presiden Liberia (Ellen Jhonson Sirleaf), dan PM Inggris (David Cameroon). Hasil akhir ini yang bisa didownload disini adalah hasil pertemuan kelima yang kemarin diselenggarakan di Markas PBB di New York. Sebelumnya sudah ada empat kali pertemuan yang diselenggarakan di New York, London, Liberia dan di Bali. Saya sendiri terlibat pada pertemuan ketiga di Monrovia, Liberia yang diselenggarakan pada akhir Januari 2013 dan pertemuan keempat di Bali pada bulan Maret 2013.

          Press Statement by the High Level Panel co-chairs on the Post 2015 Devt Agenda in Monrovia

Hasil inilah yang diserahkan oleh Co-Chairs ke Sekjend PBB Ban Ki Moon untuk selanjutnya akan dibahas dalam sidang di PBB. Namun, hasil ini bukanlah satu-satunya hasil yang akan dibahas untuk menuju dokumen “Post 2015 Development Agenda” karena secara pararel PBB juga menyelenggarakan beberapa inisiatif seperti UN Country Consultations (saya terlibat memfasilitasi UN Country Consultation di Indonesia untuk tema Inequality yang dilaksanakan pada bulan Februari 2013), kemudian juga ada SDG (Sustainalbe Development Goals) Discussion atau Rio +20, dan juga UNDG (UN Development Goals) Thematic Consultations. Semua hasil dari pararel dan ongoing process ini akan selesai pada 2014 dan kemudian pada 2015 akan dilaunching Post 2015 Development Agenda sebagai keberlanjutan dari MDGs (Milennium Development Goals).

Secara singkat, kalau dulu di MDGs ada 8 Goals, maka di dokumen yang diserahkan Co-Chairs kepada Sekjend PBB ini ada 12 Goals yakni:
  1. Ending poverty;
  2. Empowering girls and women, and achieving gender equality;
  3. Providing quality education and lifelong learning;
  4. Ensuring healthy lives;
  5. Ensuring food security and good nutrition;
  6. Achieving universal access to water and sanitation;
  7. Securing sustainable energy;
  8. Creating jobs, sustainable livelihoods, and equitable growth;
  9. Managing natural resource assets sustainably;
  10. Ensuring good governance and effective institutions;
  11. Ensuring stable and peaceful societies; and
  12. Creating a global enabling environment and catalyzing long-term finance
Berikut ini ada beberapa cuplikan dari report dan juga cuplikan pidato dari Co-Chairs, semoga berguna..

***