Tuesday, February 24, 2015

Amal Jariyah untuk Pendidikan Anak

TK ABA Jumoyo sedang dirubuhkan (Feb 2015)
Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan kabar dari kampung halaman di Jumoyo, Salam, Magelang (sekitar 20 Km dari puncak Merapi) bahwa Taman Kanak-Kanak (TK) dimana saya dulu pertama kali mengenal bangku belajar sekitar tahun 1986-1987 saat ini sedang dirobohkan untuk dibangun kembali menjadi 2 lantai karena muridnya semakin banyak sehingga 2 ruang kelas kecil dan satu ruang kantor mungil sudah tidak memadai lagi. Belum lagi harus disediakan tempat bermain sebagaimana seharusnya sebuah TK.

TK ini bernama TK Aisiyah Bustanul Athfal Cabang Salam, bertempat di Dusun Seloiring, Desa Jumoyo, Kec. Salam, Kab. Magelang. Tempat mendidik anak-anak sebagai cikal bakal pemimpin bangsa ini sejauh pengamatan saya memang kurang mendapatkan fasilitas dan perhatian baik dari pemerintah maupun dari organisasi pemiliknya (Muhammadiyah) dikarenakan beberapa hal diantaranya adalah keterbatasan anggaran dan skala prioritas. Bayangkan, dengan jumlah murid sekitar 70 orang dan guru sekitar 6 orang, masih ada lho guru yang hanya dibayar 50.000/bulan.. L padahal kalau mau dipikir lebih jauh, justru skala prioritas Negara ini adalah menyediakan pendidikan terbaik bagi anak sejak usia dini dimana karakter anak sedang dibentuk. Ingat, bahwa karekter bangsa ini 20-50 tahun kedepan akan  sangat tergantung bagaimana karakter anak-anak saat ini dibangun.

Papan Nama TK ABA, Jumoyo
Meskipun TK ini secara formal berada dibawah naungan Organisasi Muhammadiyah, tetapi pada prakteknya semua kelompok masyarakat juga menyekolahkan anak-anak mereka disini baik yang dibesarkan dalam tradisi Nahdlatul Ulama, Persis, Islam abangan, atau bahkan masyarakat non muslim sekalipun. Bahagia rasanya kalau melihat anak-anak sejak kecil dibiasakan untuk saling menghormati antar keyakinan… J

Kembali ke soal pembangunan TK tadi, saat ini kegiatan belajar mengajar dipindahkan untuk sementara di rumah yang dipinjamkan oleh warga di dusun tetangga tepatnya di Dusun Jumoyo Lor. Tentu dengan fasilitas seadanya yang penting kegiatan belajar mengajar tetap dapat dilaksanakan dan anak-anak tetap dapat bermain sambil belajar bersama teman sebayanya..

Karena pembangunan gedung TK ini memang ditanggung bersama-sama oleh masyarakat, maka agar pembangunan gedung dapat cepat selesai maka panitia mengharapkan amal jariyah dari Ibu/Bapak/Sdr/i sekalian yang nantinya sumbangan akan seluruhnya digunakan untuk pembangunan TK ini. Adapun total biaya  yang dibutuhkan yakni sebesar kurang lebih 350 Juta rupiah (lihat lampiran proposal). Panitia yakin dengan ditanggung secara bersama-sama (gotong royong) kebutuhan untuk pembangunan tersebut dapat dicapai.

Sumbangan berapa saja dan dalam bentuk apa saja (bahan bangunan) dari para dermawan akan sangat berarti bagi pembangunan generasi bangsa ini.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:
PURWANTI NUGRAHINI  (Sie Penggalian Dana)
CP: 087834022454 / 081227930614

No Rekening (Dimohon memberikan kabar melalui telp/SMS segera setelah melakukan transfer)

1.      Bank Rakyat Indonesia, No Rek: 6803-01-011170-53-3
Atas Nama: BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH JUMOYO
2.      BCA Magelang, No Rek: 1220547490
Atas Nama: SUPARMIN (Bendahara Pembangunan)
3.      Bank Mandiri, No Rek: 136-00-1354579-0
Atas Nama: IDA LAILA MARFUAH (Kepala Sekolah TK)

Atas budi baik Bapak/Ibu/Sdr/I kami ucapkan banyak terima kasih, hanya Allah yang mampu membalasnya..

Proposal lengkap TK Aisiyah Bustanul Athfal (ABA) Cabang Salam, Kabupaten Magelang, bisa diunduh melalui dropbox di sini


Fastabiqul Khairaat..
Sydney, 24/02/2015